Selasa, 13 Maret 2012

Ekonomi Indonesia Mencatat Prestasi Bank Dunia

12:30 am - Wednesday, 14 March 2012


I. PENDAHULUAN

    Suatu sistem perekonomian secara ekstrim yaitu Indonesia, pemerintah mempunyai peranan penting sebagai wasit jalannya perekonomian.
    Pemerintah seharusnya mendukung para pelaku ekonomi atau masyarakat untuk mengubah jalannya perekonomian Indonesia pada saat ini sehingga dapat tumbuh mandiri bagi masyarakat ekonomi, dan perekonomian di Indonesia dapat tumbuh dengan baik karena ada nya kebijakan dari pemerintah dan presiden untuk membantu masyarakat nya. Sebab tanpa bantuan, masyarakat pun tidak bisa melakukan sesuatu dan semua itu sangat perlu adanya kebijakan dan dorongan bagi pemerintah agar masyarakat dapat terbantu dalam siklus kehidupan di Era Perekonomian maupun dalam kehidupan sehari-hari.
    Salah satu untuk merubah perekonomian yang ada di Indonesia dengan adanya kebijakan, kejujuran, dan keadilan pemerintahan sehingga dapat mengawasi setiap periodik siklus perubahan yang ada di negara Indonesia seperti Bank Dunia.

                                                            II. PEMBAHASAN

   Dalam pandangan Bank Dunia, ekonomi riil Indonesia terus mencatat prestasi yang kuat pada kuartal ketiga, dengan tingkat produk domestik bruto (PDB) riil yang meningkat sebesar 6,5 persen dari tahun ke tahun selama tiga kuartal berturut-turut. Bank Dunia menyatakan meski gejolak dunia terus berlanjut, ekonomi Indonesia tetap kuat dan masih berada pada posisi yang baik untuk menghadapi guncangan eksternal yang akan datang.

Ekonomi Indonesia Mencatat Prestasi Bank Dunia
Indonesia sebenarnya berada dalam posisi yang lebih baik dalam menghadapi sejumlah goncangan tersebut. Namun, tetap saja ada kemungkinan skenario-skenario yang lebih buruk bisa terjadi khususnya jika terjadi pembekuan pada pasar finansial internasional yang pada akhirnya berdampak pada negara-negara berkembang.
Shubham Chaudhuri Lead Economics Bank Dunia menilai, Indonesia dengan ketahanan ekonominya berada dalam posisi yang baik untuk menghadapi guncangan ini. Walaupun diakui, negara-negara dengan pasar yang sedang berkembang (emerging market) termasuk Indonesia, masih harus meningkatkan kesiagaan untuk menghadapi skenario terburuk jika terjadi pembekuan pada pasar finansial. “Indonesia perlu meningkatkan kesiagaan untuk menghadapi skenario-skenario tersebut,” ujar Shubham.
“Upaya-upaya tersebut akan membantu penciptaan lapangan pekerjaan dengan produktivitas dan upah yang lebih tinggi serta menyerap dua juta rakyat Indonesia yang masuk dalam angkatan kerja setiap tahun,” ujar Stefan Koeberle, Country Director Bank Dunia untuk Indonesia. (AD/KB).

                                                          III. PENUTUP

    Konsep dalam materi ini menceritakan bagaimana perekonomian yang ada di Indonesia pada saat ini dan dalam bentuk prestasi Bank Dunia disajikan dengan adanya tahap-tahapan yang mudah dipahami oleh semua pengguna, dan pembaca pun sehingga mudah dapat dimengerti oleh keadaan negara pada saat ini dan tidak hanya menerima dengan ada nya masalah dan korupsi di negara kita, maka dengan ada nya Bank Dunia saya berharap kehidupan negara Indonesia saat ini atau ke depan nya bisa maju dan sejahtera. Dan semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita khususnya dalam perkembangan keadaan ekonomi dinegara kita saat ini.



http://www.kabarbekasi.com/ekonomi/ekonomi-indonesia-mencatat-prestasi-bank-dunia

© 2012 KabarBekasi.com. Managed By KabarBekasi.com. 15 December 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar